SILABUS/MATERI PENGAJARAN
SIRAH NABAWIYAH
I.
IDENTITAS MATERI
MATERI : SIRAH NABAWIYAH
PEMBINA : SUNARDIN
HARI PERTEMUAN/ JAM : KAMIS. (10.00 – Selesai)
TEMPAT : LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA.
Jl. Bekasi Timur. No.170,
RT.6/RW.7, Cipinang Besar
Sel. Kecamatan Jatinegara,
MATERI : SIRAH NABAWIYAH
PEMBINA : SUNARDIN
HARI PERTEMUAN/ JAM : KAMIS. (10.00 – Selesai)
TEMPAT : LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA.
Jl. Bekasi Timur. No.170,
RT.6/RW.7, Cipinang Besar
Sel. Kecamatan Jatinegara,
II.
Deskripsi Materi
Segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta Alam,
sholawat dan salam dipersembahkan untuk Nabi termulia dan terpercaya,
Rasulullah Saw, juga kepada keluarga dan para sahabatnya.
Nabi
Muhammad Saw, merupakan mata air kehidupan. Dari jiwanya yang luhur, mengalirlah
sungai-sungai kebaikan. Beliau adalah timbang kemuliaan dan keindahan, seluruh
tindakannya merupakan sumber ilmu pengetahuan dan kearifan, beliaulah teladan
paling sempurna, ketika kita membaca, mempelajari sejarah hidup beliau yang
penuh dengan suka-duka, niscaya kita menemukan mata air kehidupan,
mutiara-mutiara akhlaqul
karimah, memancar dari manusia paling mulia yaitu Nabi Muhammad Saw[1].
Nabi
Muhammad adalah sosok yang sangat istimewa, ia manusia tetapi tidak seperti
manusia pada umumnya (basyarun la kal basyari ) ia ibarat batu permata di
antara milyaran batu (Kalyaquti bainal
hajari), ia adalah penutup para Nabi dan Rasul (Khatamul Anbiya Wal
Mursalin) sehingga tidak salah Michael H. Hart, menempatkan beliau pada
urutan teratas dalam bukunya 100 Tokoh
yang paling berpengaruh dalam sejarah (The 100, a Rangking of The Most
Influential Person in The History)2. Setiap
Nabi memiliki kisahnya masing-masing, setiap Nabi dipersiapkan sesuai dengan
risalah dan tabiat kaumnya, begitu
pula Allah menghendaki anak Yatim Mekkah ini, menjadiYatim
Piatu dalam rangka mempersiapkannnya sebagai pengemban risalah penutup para Nabi[3].
Pada
masa sekarang ini umat Islam menghadapi kondisi yang sangat sulit, berada dalam
tidur pulas, terkadang menjadi kaum yang lemah dan selalu menjadi mangsa empuk.
Umat Islam memilih berselisih satu sama lain daripada bersatu dalam bingkai
agama seperti yang di perjuangkan oleh Rasulullah Saw, malah lebih suka saling
bertikai saling menyalahkan
dan melakukan keburukan lainnya bahkan yang parah adalah cenderung menumpahkan
darah di antara sesama mereka bahkan atas nama agama.
Di
saat yang sama, para musuh Islam dengan tanpa takut, asyik menghina Allah dan
Rasul-Nya, melalui berbagai media, melabrak kehormatan pengikutnya, menodai
kesucian simbol-simbol Islam, dan menyiksa anak-anak, wanita, serta orang tua, perhatikan
yang di pertontonkan dunia saat ini di belahan negeri muslim. Musuh-musuh itu
pun memiliki peralatan perang dan media mengerikan yang merupakan hasil produk
kemajuan ilmu tekhnologi yang telah di capai[4].
Terlepas
dari masalah tersebut di atas, kita kembali melihat kondisi sebagian masyarakat
Indonesia saat ini sebagian besar anak anak mudanya sudah terpapar dengan
berbagai kejahatan salah satunya adalah perkembangan kejahatan narkotika yang
pada saat ini telah meresahkan kehidupan masyarakat bukan saja generasi muda
tapi sudah menjalar hampir di seluruh lapisan generasi hingga pada artis-artis serta para pejabat.
Narkotika merupakan kejahatan transnasional karena tindak kejahatan tersebut
dilakukan melewati batas Negara. Penyebarluasan peredaran narkotika di berbagai
Negara merupakan bentuk kejahatan yang terorganisir. Sebagai salah satu negara
maritim, Indonesia menjadi sasaran yang sangat potensial sebagai tempat untuk
memproduksi dan mengedarkan Narkotika secara illegal. Peredaran narkotika
tersebut diantaranya masuk melalui pelabuhan pelabuhan kecil kemudian
didistribusikan melalui jalur darat yang mampu menjangkau berbagai pelosok
wilayah di Indonesia.
Mengantisipasi
adanya gangguan dan ancaman kejahatan narkotika tersebut, sebagai langkah
konkritnya KODI DKI JAKARTA turut serta dalam upaya meningkatkan kerjasama
dalam rangka mewujudkan masyarakat sadar nilai nilai Islami, dengan memberi
perhatian khusus, pembinanaan khusus terhadap warga
penyalahgunaan narkotika.
Berdasarkan
latarbelakang masalah tersebut, KODI DKI Jakarta, mengembil bagian untuk
membinan masyarakat yaitu untuk menyebarluaskan nilai nilai Islam, menghidupkan
nilai nilai Islami ( Islamic Living Value),
sehingga Islam sebagai Rahmatan lil ‘Alamin bisa masuk di berbagai ruang dan
tempat, di sampaikan melalui kader-kader Da’i, melalui para alumni PKM KODI DKI
JAKARTA, sehingga dengan menghidupkan nilai nilai Islam ini (Islamic living Value) agama dan
masyarakat serta Bangsa ini menjadi Bangsa yang Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghofur.
Oleh
karena itu kami dalam menjalankan tugas mengajar di LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA
JAKARTA, perlu membuatkan SILABUS materi pengajaran sehingga bisa terukur dan
mempermudah
dalam penyampaian dan pembagian materi ajar, mempermudah, tes/evaluasi juga
peserta belajar bisa menyiapkan diri dengan materi materi tambahan sebelum
mulai pelejaran.
I.
Manfaat Mata Kuliah
Membicarakan
penyebaran nilai-nilai Islam selaras di tersebutkan dalam UU No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem pembinaan/Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Hal ini sejalan dengan
perintah dan amanah yang terkandung dalam Al Qur’an agar mewujudkan masyarakat
bangsa yang beriman dan bertaqwa, aman dan damai.
II.
Kompetensi
a.
Standar Kompetensi
Warga Binaan Lapas
Narkotika/Santri Darus Syifa dapat membaca,
mengetahui pesan-pesan, dasar-dasar materi SIRAH NABAWIYAH, serta membiasakan
untuk menerapkannya dikehidapan bersuku-suku dan berbangsa, bermasyarakat,
keluarga dan kehidupan sosial lainnya, sebagai dasar untuk pengamalan
nilai-nilai Islam Rahmatallil ‘alamin
terutama setelah berada di luar tahanan/para santri kembali
pada keluarga masing-masing.
b.
Komptensi Dasar
Warga Binaan Lapas Narkotika/ Santri Darus Syifa
dapat memahami materi khusus SIRAH NABAWIYAH, melaui sudut pandang keimanan, sosial kemasyarakatan,
baik secara teoritik maupun secara praktek dalam kehidupan sehari-hari.
III.
Strategi Pengajaran/Penyampaian Materi
Strategi
pembelajaran/penyempaian materi menggunakan metode student centerd learning (SCL), Warga Binaan Lapas Narkotika di
arahkan untuk lebih aktif di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Warga Binaan
Lapas Narkotika/ Santri Darus Syifa
diharapkan untuk belajar mandiri dengan mencari bahan referensi melalui
buku-buku terkait, Kitab Suci al qur an, kitab-kitab klasik, sebagai bahan
diskusi dalam kelas. Pengajar hanya sebagai fasilitator dan pemandu disetiap
aktivitas Warga Binaan Lapas Narkotika, baik pada pertemuan dalam ruangan
maupun di luar ruangan. Selanjutnya Warga Binaan Lapas Narkotika/ Santri Darus Syifa
juga di pandu dalam mengerjakan tugas-tugas terkait seperti tersebut dalam
topic-topik yang sesuai dengan materi yang di presentasikan oleh pengajar.
Warga Binaan Lapas Narkotika/
Santri Darus Syifa di bimbing dalam melaksanakan
diskusi dan belajar mengenai bagaimana berdiskusi yang baik.
Warga Binaan Lapas
Narkotika/Santri Daarussyifa di bagi menjadi kelompok-kelompok kecil
beranggotakan 2-4 orang. Masing-masing kelompok di berikan topik sesuai dengan
yang tertera di Satuan Acara Pengajaran (SAP). Kegiatan ini di maksudkan untuk
menanamkan pemahaman konsep setiap topic yang di berikan. Disamping itu,
mahasiswa secara individu diminta untuk menulis review literature materi-materi
khusus SIRAH NABAWIYAH.
SILABUS/MATERI PENGAJARAN
DI LAPAS NARKOTIKAN KLAS IIA – JAKARTA
I.
IDENTITAS MATERI
MATERI : SIRAH NABAWIYAH
PEMBINA : SUNARDIN
HARI PERTEMUAN/ JAM : KAMIS. (10.00 – Selesai)
TEMPAT : LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA.
Jl. Bekasi Timur. No.170, RT.6/RW.7, Cipinang Besar
Sel. Kecamatan Jatinegara,Kota Jakarta Timur, Daerah Khusu Ibukota Jakart 13320
TAHUN : 2019
Proses Belajar Belajar Media Evaluasi
|
|
|
||||||
Minggu Ke
|
Kompetensi Dasar Dan
Indikator
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Tingkat Kompetensi dan Hasil Belajar
|
1
|
Kontrak
Pembelajaran
|
Ø
Perkenalan/Ta’ruf
Ø
Pengenalan Materi Inti
|
Ø
|
|
2
|
Memahami
Pengertian Sirah
Nabawiyah
|
Sirah Nabawiyah
|
Ø Pengertian Sirah Nabawiyah
Ø Fungsi Sirah Nabawiyah
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
3
|
Memahami
Mengapa Pentingnya Mempelajari Sirah
Nabawiyah
|
Pentingnya Mempelajari Sirah Nabawiyah
|
Ø Asal-usul
Ø Kepribadian Rasulullah
Ø Aspek Seluruh kehidupan
Rasulullah
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
4
|
Memahami Sumber-sumber
Sirah
Nabawiyah
|
Sumber –Sumber Sirah Nabawiyah
|
Ø Pengertian
Ø Al Qur an
Ø Sunnah Nabi yang Shahih
Ø Kitab-Kitab Sirah
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2 A-3
|
5
|
Memahami Rahasia di pilihnya Jazirah Arab sebagai
tempat kelahiran Nabi Muhammad Saw
|
Rahasia di
pilihnya Jazirah Arab sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad Saw
|
Ø Jazirah Arab
Ø
Persia
Ø Romawi
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 A-1 A-2 A-3
|
6
|
Evaluasi (Pertama)
|
|||
7
|
Memahami Kelahiran Hingga Kenabian
|
Kelahiran Hingga
Kenabian
|
Ø Kelahiran Nabi, tempat, waktu
dan kejadian-kejadian
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 A-1 A-2 A-3
|
8
|
Memahami Nasab
Kelahiran dan
Penyusuan Nabi Muhammad, Saw
|
Nasab
Kelahiran dan
Penyusuan Nabi Muhammad, Saw
|
Ø Nasab
Ø Penyusuan
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 A-1 A-2 A-3
|
9
|
Memahami Perjalanan Rasulullah yang pertama ke Syam
dan Usahanya Mencari Rizki
|
Perjalanan
Rasulullah yang pertama ke Syam dan Usahanya Mencari Rizki
|
Ø Perjalanan
Ø Perdagangan
Ø Masalh
Perekonomian
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
10
|
Memahami Keikut Sertaan Nabi Dalam Membangun Ka’bah
|
Keikut Sertaan
Nabi Dalam Membangun Ka’bah
|
Ø Permasalahan Sekitar Ka’bah
Ø Solusi permasalahn suku-suku
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2 A-3
|
11
|
Evaluasi (Kedua)
|
|||
12
|
Memahami Nabi
Tahap-Tahap
Dakwah Rasulullah
Menyendiri di Gua
Hira
|
Tahap-Tahap Dakwah Rasulullah
Nabi Menyendiri di Gua Hira
|
Ø
Sirriatud Da’wah
Ø Jahritaud Da’wah
Ø Fungsi Ibadah Maliyah
Ø Beberapa Ibrah
Ø Problematika Sosial
Ø Gua Hira
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 A-1 A-2 A-3
|
13
|
Memahami Hijrahnya Rasulullah
|
Hijrahnya
Rasulullah
|
Ø Makna Hijrah
|
C-1 C-2 A-1 A-2 A-3
|
14
|
Memahami
Peristiwa Isra’ Mi’raj
|
Peristiwa Isra’ Mi’raj
|
Ø Peristiwa Isra’
Mi’raj
|
C-1 C-2 A-1 A-2 A-3
|
15
|
Memahami
Peristiwa Penyiksaan Rasulullah oleh Kaum Qurais
|
Peristiwa Penyiksaan Rasulullah oleh Kaum
Qurais
|
Ø Siasat
Ø Pemboikotan Ekonomi
Ø Beberapa Ibrah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
16
|
Memahami Bai’at Aqabah
|
Bai’at Aqabah
|
Ø Bai’at Aqabah
Pertama
Ø Bai’at Aqabah
Kedua
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
17
|
Memahami Asas
Masyarakat Baru
|
Asas Masyarakat
Baru
|
Ø Ukhuwah sesama
Kaum Muslimin
Ø Perjanjian Muslim
dengan Muslim
Ø Perjanjian Muslim
dengan Non Muslim
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
18
|
Memahami
Penaklukan Kota Mekkah (Fathu Mekkah)
|
Penaklukan Kota
Mekkah (Fathu Mekkah)
|
Ø (Fathu Mekkah) dan perjanjian Damai
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
19
|
Memahami Piagam
Madinah
|
Piagam Madinah
|
Ø Piagam Madinah
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
20
|
Memahami
Perang-perang pada Masa Rasulullah
|
Memahami
Perang-perang pada Masa Rasulullah
|
Ø Perang Badar
Ø Uhud
Ø Dzatur Riqo
Ø Khandaq
Ø Banu Quraidahdll
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
21
|
Memahami Wafatnya
Rasulullah
Sifat-Sifat Nabi
Ziarah Ke Mesjid
dan Kuburnya
|
Wafatnya
Rasulullah
Sifat-Sifat
Nabi
Ziarah Ke Mesjid
dan Kuburnya
|
Ø Wafatnya
Rasulullah
Ø Sifat-Sifat Nabi
Ø Ziarah Ke Mesjid
dan Kuburnya
|
C-1 C-2 C-5 A-1
A-2
|
16
|
Evaluasi (Ketiga)
|
[1] Saiful Hadi, Muhammad, Jejak-jejak Keagungan dan Teladan Abadi “Sang Nabi Akhir Zaman”, As@ Prima Pustaka, Jakarta. 2013.hal.1
[2] Prof. Dr. Muhammad Sameh Said, Muhammad Sang Yatim, Janji Dan Kemengan Yang Dinanti, Cordoba, 2019.Hal. 1
[3] Umar, Menangis Bersama Nabi, Menyelami Kisah-Kisah, Sedih Kehidupan Nabi Muhammad Saw. Dive Press,Yogyakarta.2018. hal. 1
SUMBER REFERENSI
Kementrian
Agama RI. (2010). Syaamil Al-Qur’an. Miracle The Reference, 22 Keunggulan Yang Memudahkan
Dalam 1 Al-Qur’an Dengan Referensi Yang Sahih, lengkap, dan Komprensif. Bandung: Sygma Publishing.
H.Abdul Shomad,Lc.MA.Sejarah Hidup Nabi Muhammad, SAW, Perjlanan Dakwah, Isro’ Mi’raj dan Hari-hari
Terakhirnya. PT. Buku Seru, Jakarta.2019.
Dr. Muhammad
Sa’id Ramadhan al Buthi,1999. Sirah Nabawiyah (Analisis Sejarah Manhajiah Terhadap Sejaraah Pergerakan
Islam di Masa Rasulullah), Robbani Press. Jakarta.
Erwin Umar,
2018. Menangis
Bersama Nabi, Menyelami Kisah-Kisah, Sedih Kehidupan Nabi Muhammad Saw. Dive Press,Yogyakarta.
Saiful Hadi,
2013. Muhammad,
Jejak-jejak Keagungan dan Teladan Abadi “Sang Nabi Akhir Zaman”, As@ Prima Pustaka, Jakarta.
Dr. Muhammad
Sameh Said, 2019. Muhammad Sang Yatim, Janji Dan Kemenangan Yang Dinanti, Cordoba,
Sulaiman
Rasjid, Fiqih Islam, Sinar Baru Algesindo. 2001. Surabaya.
Dr.
Mustafa Dieb Al-Bugha Muhyidin Mistu. 2003 Al Wafi, Syarah
Kitab Arbain An Nawawiyah. (Jakarta. Al I’Tishom,).
M.
Qurais Shihab, 2013. Wawasan Al-Qur’an, Mizan.Bandung.
Syamsul
Rijal, Hamid. 2005. Buku Pintar Agama Islam. Jakarta. cahaya Islam.
Kitab
kitab SIRAH.
Keterangan
:
1.
COGNITIF
|
2.
KOGNITIF
|
C-I Pengertian
C-2 Pemahaman
C-3 Aplikasi
C-4 Sistesis
C-5 Analisis
|
A-I
Sikap
A-2
Keyakinan
A-3
Moralitas
A-4
Nilai
A-5 Minat
|
Mengetahui Jakarta,
20 JULI 2019
Ketua Syi’ar Da’i Institute Pembina Pengajar DKM Masjid Daru Syifa
Lapas Narkotika
___________________ Sunardin ____________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar